Laman

Rabu, 02 Desember 2009

Ubah Kebiasan Agar Perut Rata


langsing1.jpg

Sriwijaya Post











Kelebihan berat badan atau obesitas, beberapa tahun belakangan menjadi perhatian ahli gizi di berbagai belahan dunia. Bagi mereka fenomena ini menunjukkan hampir semua orang sudah jauh dari kebiasaan hidup sehat.

Itulah yang kemudian menggerakan Diane Henderiks, salah satu ahli gizi terdaftar di Amerika Serikat untuk membuat panduan bagi kita, kebiasaan-kebiasaan apa saja yang harus dirubah agar perut rata bukan hanya impian.

•  Makeover kulkas. Teknologi penyimpan makanan dalam suhu dingin ini bisa dipastikan ada di setiap rumah kita. Ini tidak salah yang menjadi masalah adalah makanan-makanan yang kita simpan di dalamnya. Coba lihat berapa banyak perbandingan makanan sehat dengan junk food. Buang semua makanan junk food dan ganti dengan sayuran, buah-buahan, serta keju rendah lemak.

Belajarlah membaca label. Sebagai konsumen yang cerdas kita harus mengerti setiap informasi yang dituliskan di label. Ini akan membuat kita mengerti berapa banyak kalori dan nutrisi yang masuk ke dalam perut dalam satu kali penyajian. Alhasil kita bisa menentukan takaran yang sesuai kebutuhan tubuh.

Jangan mau digoda oleh makanan manis. Percayalah makanan manis hanya akan membuat kita mengunyah kalori tinggi, lagi dan lagi. Itu mengapa berhentilah menoleh ke makanan-makanan manis.

Ingat porsi aman untuk perut kita. Jadikan kepalan tangan kita sebagai panduan ukuran yang aman bagi perut kita.

Olahragalah minimal 30 menit setiap hari. Pilihannya bisa bermacam-macam, mulai dari olahraga jalan, jogging, atau dengan bantuan hula hoop.

Tetaplah terhidrasi dengan baik. Air akan membantu kita kenyang lebih banyak. Disamping itu, air adalah “pelumas” metabolisme tubuh kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar